Lucky Charms Rainbow
Supported by Blogaul

Jumat, 09 November 2012

Lembaran-Lembaran Ajaib

.

Pernah liat film Harry Potter kan?? Pastinya pernah dong. Didunia yang penuh sihir itu ada banyak sekali benda-benda ajaib. Misalnya, tongkat sihir yang ajaib, sapu terbang yang ajaib pula, daaaann... kertas koran yang gambar-gambarnya bisa bergerak, waaah ajaib ya???


Dijaman modern ini juga udah banyak penemuan-penemuan tentang kertas-kertas yang 'ajaib' itu loh..
Misalnya saja, beberapa lembar kertas yang saya sebutkan dibawah ini.

1.) FlexUPD
Sekelompok ilmuwan teknologi informasi di Industrial Technology Research Institute (ITRI) telah menemukan layar monitor setipis kertas. layar monitor ini juga bisa ditekuk dan digulung seperti layaknya kertas biasa tanpa rusak sedikitpun. Sehingga hasil teknologi komputer ini mampu disatukan dengan kertas koran untuk menampilkan gambar bergerak. Layar monitor tipis ini dinamai FlexUPD.
Bukan hanya itu, kelak teknologi terbaru ini juga diharapkan dapat mengurangi berat dan ukuran e-reader dan tablet PC. Layar tipis ini diklaim dapat diintegrasikan dengan beberapa teknologi layar monitor terkini seperti LCD, LED, bahkan OLEDs (organic light-emitting diodes).


Teknologi terbaru temuan ITRI ini telah menerima medali emas dalam Wall Street Journal’s 10th annual Tech Innovation Awards 2010. ITRI memang dikenal sebagai tim ilmuwan teknologi informasi yang terbaik, tahun lalu mereka juga memenangkan Innovation Award untuk penemuan FleXpeaker, loudspeaker setipis kertas. Hak paten FlexUPD sekarang dipegang oleh AU Optronics Corporation of Taiwan yang juga penyandang dana ITRI. Ide pengembangan FlexUPD itu sendiri lahir dari hal yang sepele, yaitu ketika salah seorang ilmuwan ITRI melihat seorang koki yang sedang membuat pancake tipis dan melempar-lemparkannya dengan wajan.


Jika dilihat dari ketebalannya yang sangat tipis dan ditambah dengan teknik layout dan percetakan terbaru, maka akan sangat mungkin bagi FlexUPD untuk ‘ditempelkan’ ke kertas koran untuk menampilkan gambar hidup maupun film yang berhubungan dengan berita yang tengah disajikan dalam koran tersebut. Hal ini tentunya sebuah langkah besar bagi teknologi komunikasi. Struktur elektronik FlexUPD memang sangat canggih. Anatomi layar monitor tertipis di dunia ini terdiri dari lapisan-lapisan mikro film transistors yang dilekatkan pada selembar materi fleksibel. Sehingga layar monitor ini tidak kaku dan dapat memiliki tingkat fleksib ilitas seperti kertas.



2.) EPD

Beberapa waktu lalu, LG Electronic kembali memperkenalkan hasil inovasi terbarunya yaitu electronic paper display (EPD). Dengan produk teknologi masa depan yang Fleksibel") barunya ini, LG Display telah berhasil mencetak satu lagi industri dengan meluncurkan kertas elektronik pertama di dunia e-paper untuk skala besar. Teknologi masa depan electronic paper display (EPD) akan bertindak khususnya di sektor e-Book, meskipun diyakini juga akan merambah beberapa bidang tertentu.



Teknologi masa depan kertas elektronik fleksibel ini berukuran 6 inci dengan resolusi XGA 1024 x 768 piksel. Dengan bentuknya yang revolusioner ini, EPD diperkirakan akan mengubah dunia e-Book dengan fleksibilitasnya. Upaya LG Display dengan teknologi masa depan kertas elektronik ini dikatakan untuk memberikan sebuah pengalaman membaca pada kertas berkat adanya plastic substrat yang setipis pelindung ponsel. Sementara itu desain fleksibel memungkinkan gadget ini untuk dilipat hingga 40 derajat dari tengah layar. Electronic Paper Display milik LG ini diklaim memiliki tebal 0.7 mm serta berat sekitar 14 gram, sehingga 33% lebih ramping dibanding dengan EPD kaca yang ada saat ini.
Sang Duck Yeo, Head of Operations for LG Display’s Mobile / OLED division mengungkapkan bahwa dengan hadirnya teknologi masa depan EPD plastik ini LG sekali lagi telah membuktikan reputasi dan inovasi dengan produk yang dipercaya akan sangat membantu mempopulerkan industri e-Book.



Dengan EPD dari LG yang lebih tipis dan lebih ringan Anda dapat membaca e-Book dalam waktu lama dan jauh lebih menyenangkan dibanding membaca menggunakan perangkat lain seperti tablet atu smartphone. Membaca menggunakan teknologi masa depan kertas elektronik buatan LG ini kemungkinan dapat mengurangi kelelahan mata dan juga konsumsi listrik yang lebih efisien.


Tidak hanya itu saja kehebatan kertas elektronik terbaru ini, LG bahkan telah bertaruh dalam daya tahannya. Dengan meletakkan plastik EPD melewati beberapa tahapan dengan cara berulang kali tes drop dari ketinggian 1.5 meter di atas tanah, dan hasilnya tanpa goresan atau kerusakan sedikitpun.
Teknologi masa depan EPD plastic buatan LG akan diproduksi secara besar-besaran oleh sebuah perusahaan manufaktur di Cina, dan segera dirilis ke Eropa sekitar awal bulan depan.





3.) Aquanotes

Ilmuwan di Istituto Italiano di Tecnologia (IIT), Italia, berhasil membuat kertas yang tahan air, bersifat magnetis, dan bebas bakteri tanpa mengubah sifat dasar kertas. 
Proses teknologi nano yang digunakan memastikan bahwa kertas yang dihasilkan tetaplah seperti yang kita kenal, bisa ditulisi atau digambari, dimasukkan ke printer atau mesin fotokopi, atau dilipat-lipat menjadi prakarya.
Dr. Roberto Cingolani yang mengepalai tim ilmuwan menjelaskan bahwa proses pengolahan kertas ini dilakukan dengan mengambil molekul tunggal (monomer) pada kertas. Kemudian dipasangkan dengan partikel nano sehingga terbentuk sebuah polimer yang kemudian disebarkan dalam cairan.

Senyawa akhir yang dihasilkan berupa matrik polimer yang berisi partikel-partikel nano. Proses teknologi nano ini, yaitu mencampur sejumlah monomer dengan berbagai tipe partikel nano, mendasari terciptanya bermacam-macam karakter saat diaplikasikan pada kertas.
Jika partikel nano berupa besi oksida ditambahkan ke matrik polimer, maka akan dihasilkan kertas magnetik; sementara partikel nano perak akan menghasilkan kertas bebas bakteri. Proses yang sama juga bisa diterapkan untuk menghasilkan kertas tahan air, kertas yang mampu membersihkan diri sendiri atau kertas yang dapat bersinar dalam gelap (fluoresensi).
Senyawa yang dihasilkan kemudian diinjeksikan ke kertas atau bisa juga ke material lain seperti kain. Pengaplikasiannya dilakukan dengan cara digulung atau dicelup. Tapi ingat, hasilnya bukanlah berupa kertas yang berlapis senyawa, melainkan selubung tiga dimensi lembut yang menyebar di tiap-tiap serat kertas.

"Kertas bebas bakteri dapat digunakan untuk mengemas makanan dan aplikasi medis," kata Dr. Cingolani. "Kertas fluoresensi dan magnetis bisa digunakan untuk kepentingan keamanan dan catatan bank atau perlindungan mata uang atau dokumen penting lainnya. Sementara kertas tahan air bisa digunakan untuk dokumen pusaka," pungkasnya.
Kalau peneliti Italia kabarnya berhasil menemukan kertas tahan air, bagaimana dengan yang satu ini?


Ide bisa datang dari mana saja. Bisa dari melihat referensi bagus, atau mungkin saja saat asik mandi. Repotnya ide yang datang di kamar mandi, kalau kita pelupa biasanya ide itu menguap setelah acara mandi selesai.

Nah, ide ini yang mendasari seorang Shower Thinker - demikian sang penemu ini ingin disebut, jelasnya lihat di myaquanotes.com, menciptakan notes tahan air. Notes ini dilengkapi pensil yang juga tahan air.

 Dalam promosinya, produk notes plus pensil ini sangat ramah lingkungan. Bisa didaur ulang dan batang pensilnya terbuat dari kayu cedar yang pengelolaannya mengikuti syarat perlindungan lingkungan. 
Aquanotes sudah diproduksi besar-besaran, harga jualnya sekitar 9.95 Dollar Amerika untuk notes berisi 40 lembar.

Nah,itu beberapa contoh kertas-kertas yang 'ajaib', semoga sesuatu yang lebih ajaib akan segera ditemukan, supaya kita bisa nyoba naik sapu terbang, hihi.

0 comments

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar

 

Followers